IML

Modul 1:




Modul 2: 

  1. RANGKAIAN PENGENDALI FORWARD REVERSE











Prosedur mengoperasikan:

1.  MCB diubah pada posisi „ON“ dengan cara menaikkan lidah MCB ke atas
2.  Tekan tombol „FOR“ maka Motor 3 Fasa akan berputar ke „Kanan“, lampu indikator menyala merah
3.  Apabila menginginkan Motor berputar ke „Kiri“ maka matikan lebih dahulu rangkaian dengan menekan tombol „STOP“
4.  Tekan tombol „REV“ maka Motor 3 Fasa akan berputar ke „Kiri“, lampu indikator hijau menyala
5.  Untuk mematikan Motor 3 Fasa, tekan tombol „STOP“

Kejadian khusus:

1.  Bila tombol „FOR“ dan tombol „REV“ ditekan secara bersamaan maka salah satu tombol yang lebih awal menekan akan bekerja lebih dahulu, karena kecepatan menekan antara kedua tombol mempunyai jarak waktu 0.02 detik
2.  Pada saat Motor 3 Fasa sedang berputar ke „kanan“ maka apabila tombol „REV“ ditekan tidak akan dapat mengoperasikan motor berputar ke „kiri“
3.  Apabila terjadi short Circuit maka MCB akan trip. Untuk mengaktifkan kembali reset ke posisi „ON“
4.  Demikian juga bila terjadi beban lebih maka Thermal Overload Relay akan „Trip“ dengan ditandai menyala lampu kuning. Dan untuk mengaktifkan kembali tekan tombol reset




2. Starting Y-D  Otomatis (Bintang-Delta)




Prosedur mengoperasikan:

1.     MCB di set pada posisi „ON“ dengan cara menaikkan lidah MCB ke atas
2.     Tekan tombol „START“ maka Motor 3 Fasa bekerja dalam hubungan Bindatang (Y), dengan ditandai lampu indikator warna merah menyala
3.     Setelah beberapa detik sesuai dengan pengesetan Time Delay Relay maka Motor 3 Fasa bekerja dalam hubungan Delta (D), dengan ditandai lampu indikator warna hijau menyala
4.     Untuk mematikan Motor 3 Fasa, tekan tombol „STOP“

Kejadian khusus:

1.     Apabila terjadi hubung singkat (short Circuit) maka MCB akan trip. Untuk mengaktifkan kembali reset ke posisi „ON“
2.     Dan bila terjadi beban lebih maka Thermal Overload Relay akan „Trip“ dengan ditandai menyala lampu warna kuning. Dan untuk mengaktifkan kembali tekan tombol reset

Tugas IML 4 sept 2019 :
http://teknik-ketenagalistrikan.blogspot.com/2013/04/teori-dasar-motor-listrik.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar